Wudhu dan Shalat menghapus dosa kecil



حَدَّثَنَا وَكِيعٌ قَالَ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ وَسُفْيَانُ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ الثَّقَفِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ الْوَالِبِيِّ عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كُنْتُ إِذَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا نَفَعَنِي اللَّهُ بِمَا شَاءَ مِنْهُ وَإِذَا حَدَّثَنِي عَنْهُ غَيْرِي اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ لِي صَدَّقْتُهُ وَإِنَّ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَنِي وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ قَالَ مِسْعَرٌ وَيُصَلِّي وَقَالَ سُفْيَانُ ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ فَيَسْتَغْفِرُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Waki’ menceritakan kepada kami, dia berkata: Mis’ar dan Sufyan menceritakan kepada kami dari Utsman bin Mughirah Ats-Tsaqafi, dari Ali bin Rabi’ah Al Walibi, dari Asma’ bin bin Hakam Al Fazari, dari Ali RA, dia (Ali) bekata, “Jika aku mendengar sebuah hadits dari Rasululah SAW, maka Allah memanfaatkan hadits itu untukku dengan sesuatu yang Dia kehendaki. Jika selainku menceritakan suatu hadits kepadaku, maka aku akan memintanya bersumpah. Jika dia bersumpah kepadaku, maka aku akan membenarkannya. Sesungguhnya Abu Bakar RA pernah menceritakan (hadits) kepadaku —dan Abu Bakar itu jujur—, bahwa dia pernah mendengar Nabi SAW bersabda, ‘Tidaklah seorang lelaki melakukan sebuah dosa kemudian dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya -Mis’ar berkata, ‘Dan shalat’ Sufyan berkata, ‘Kemudian dia shalat dua rakaatlalu meminta ampun kepada Allah -Azza wa Jalla- kecuali Allah akan mengampuninya .”

Syaikh Ahmad Syakir berkata: Sanadnya shahih. Yang dimaksud Sufyan adalah Ats-Tsauri. Asma’ bin Hakam Al Fazari itu tsiqah. Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani pernah membahas hadits ini secara panjang lebar dalam kitab Tahdzib Al Kalam (1/267-268) dan menisbatkannya ke Shahih Ibnu Khuzaimah.

Ibnu Hajar berkata, “Hadits ini sanadnya baik.” Bukhari juga menyinggung hal itu dalam At-Tarikh Al Kabir 2/1/55.

Syekh Syuaib Al-Arnauth berkata: sanadnya shahih, Dikeluarkan oleh Al-Humaidi (4), Ibnu Abi Syaibah 2/387, dan darinya oleh Ibnu Majah 1395, dan Al-Marwazi (9) dari Waki

Ditulis dalam Hadits. Tag: . Leave a Comment »
%d blogger menyukai ini: